Trik Mendapatkan Pelanggan yang Cocok

Pelanggan

Para pemilik usaha banyak yang mendapatkan profil pelanggan yang cocok tidak sesuai dengan produk yang dijualnya. Misal saja, pemilik butik baju-baju pesta, yang banyak dikunjungi oleh calon pelanggan yang mencari t-shirt dan celana jeans.

Lalu bagaimana menyelaraskan profil pelanggan dengan produk atau jasa kita yang kita jual? Sehingga kita dapat memperbanyak pelanggan tipe ideal dan mengurangi yang tidak ideal di usaha kita. Caranya sebagai berikut:

Pertama: Tetapkan Kriteria Pelanggan ideal Anda

Jika Anda belum punya, buatlah. Pelanggan ideal yang seperti apa yang ingin Anda miliki? Kalau mereka individu, dari kelompok umur berapa? Apa profesinya? Berapa besar pendapatannya? Bagaimana mereka membelanjakan uangnya untuk produk Anda? Kalau mereka perusahaan, di industi apa mereka berkiprah? Seberapa besar asset-nya?

Berapa jumlah karyawannya? Bagaimana metode pembelian barang dan jasa mereka? Bagaimana mereka membayar Anda?

Kedua: Buat ‘Kelompok Pelanggan’ Anda

Sekarang, lihatlah existing customers database Anda. Lalu cocokkan dengan Kriteria Pelanggan Ideal yang sudah Anda buat. Misalnya saja Anda memiliki 5 kriteria Pelanggan Ideal, mungkin ada pelanggan yang dapat memenuhi ke-5 kriteria tadi, atau mungkin ada perusahaan yang hanya memenuhi 3 kriteria, 2 kriteria, dst. Dari sini Anda akan memiliki kelompok-kelompok pelanggan.

Misalnya kelompok pelanggan A (memenuhi 5 kriteria), kelompok B (memenuhi 4 kriteria), kelompok C (memenuhi 3 kriteria atau kurang). Ini hanya contoh, silakan gunakan kreativitas Anda sendiri.

Tujuannya adalah untuk mengetahui berapa banyak pelanggan ideal yang sudah Anda miliki. Apakah usaha Anda sudah menarik pelanggan ideal, atau malah kebanyakan pelanggan Anda ternyata bukanlah pelanggan ideal. Informasi ini menentukan langkah kita selanjutnya.

Ketiga: Undang Pelanggan Ideal Anda

Nah, kini saatnya “mengundang.” Pelajari dengan baik. Mengapa pelanggan ideal Anda membeli produk Anda. Apa yang sebenarnya mereka cari? Mengapa mereka memilih produk Anda?

Logikanya, jika ada pelanggan dengan kriteria seperti itu memilih produk Anda, di luar sana masih banyak lagi pelanggan seperti itu yang sedang haus akan produk Anda. Kepada merekalah kita akan memusatkan perhatian kita.

Langkah pertama dalam “mengundang” pelanggan ideal adalah dengan menyesuaikan cara komunikasi kita dengan mereka. Dan komunikasi mencakup komunikasi verbal dan non-verbal. Mulai dari tampilan toko, busana dan penampilan karyawan, hingga cara mereka berperilaku dan berbicara.

Keempat: Pelihara Pelanggan Ideal Anda

Pelanggan ideal Anda harus dipertahankan. Ciptakan program-program sesuai harapan mereka yang akan membuat mereka bertahan menjadi pelanggan. Seseorang dengan profil tertentu biasanya bergaul dengan orang-orang dengan profil yang sama. Sehingga pelanggan ideal Anda akan melakukan getok tular kehebatan produk Anda kepada pelanggan potensial, yang juga ideal.

Lalu bagaimana dengan “pelanggan tidak ideal” yang sudah terlanjur menjadi pelanggan kita. Apa dibuang saja? Hehehe … tidak perlu se-ekstrim itu. Berfokuslah pada pelanggan ideal maka jumlah pelanggan ideal akan bertambah, entah itu dari pelanggan baru, atau bisa jadi pelanggan lama yang ternyata berevolusi menjadi pelanggan ideal. Pelanggan tidak ideal mungkin akan rontok sendiri terkena seleksi alam.